Selasa, 17 Maret 2009

Finish.....






a. Heatsink dan Fan
Heatsink dan fan digunakan untuk mendinginkan atau menjaga suhu chip tetap normal dan tidak berlebihan. Heatsink akn menyerap panas pada chip seperti pada prosessor atau vhipshet mainboard. Sedangkan fan atau kipas digunakan untuk menjaga panas dari heatsink agar panas tidak terlalu berlebihan. System kerjanya adalah panas pada chip akan ditransfer melalui heat dan kemudian fan akan menghalau panas sehingga panas pada heat tidak berlebihan.
b. Uninterruptible Power Supply (UPS)
UPS adalah alat yang menyediakan listrik dan mengalirkan padak computer secara kontinu. Alat ini dapat menyimpan tenaga listrik sampai beberapa waktu. Alat ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan hardware khususnya harddisk dan kerusakan system operasi yang diakibatkan karena seringnya listrik mati mendadak pada saat sedang menggunakan computer. Dengan alat ini computer akan tetap hidup pada saat aliran listrik sedang terputus.

2. Peralatan Output
Peralatan output adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi atau data yang telah diproses. Peralatan output dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut:
a. Monitor
Monitor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa gambar dan tulisan. Jenis-jenis monitor antara lain sbb:
1) Monitor Cathade Ray Tube (CRT)
Monitor CRT adalah jenis monitor yang menggunakan tabung bedil electron untuk menembakkan electron ke titik-titik fosfor di layer. Pada layer terdapat titik-titik (dot) yang membentuk pixel dan tiap-tiap pixel mengandung warna merah, hijau dan biru. Saat electron ditembakkan, maka electron akan mengenai titik warna merah, hijau dan biru dan akan berpendar dengan berbagai intensitas untuk menghasilkan gambar. Monitor CRT menggunakan layer cembung, semi flat dan flat.
2) Monitor Liquid Crystal Display (LCD)
LCD menggunakan molekul kristal cair yang tersusun dan menghasilkan gambar dengan cara meneruskan atau menghalangi cahaya. Layer LCD berbentuk datar (flat). Pada saat ini banyak digunakan layer LCD wide screen dan LCD touch screen.
3) Monitor Plasma
Monitor plasma merupakan jenis monitor yang menggunakan teknologi gas dalam menghasilkan gambar. Layer plasma berbentuk datar (flat) dan memiliki kualitas gambar yang jernih dan alami.
Hal-hal yang ada pada monitor adalah sbb:
1) Ukuran
Ukuran monitor ditentukan oleh panjang diagonal pada layer, seperti 14”, 15”, 20” dls. Ukuran ini akan menetukan besarnya resolusi pada layar.
2) Picture element (pixel)
Pixel merupakan bagian terkecil pada gambar. Pada monitor berwarna satu pixel terdiri dari warna merah, hijau dan biru. Pixel inilah yang akan membentuk sebauh gambar. Jumlah pixel akan menentukan kualitas gambar yang terbentuk, dengan ukuran layar yang semakin kecil dan jumlah pixel yang semakin banyak maka akan membuat tampilan gambar semakin bagus dan tajam. Sebagai contoh gambar atau foto digital dengan resolusi rendah, misalnya 320 x 240 akan terlihat pecah jika ditampilkan fullscreen pada layar 21” atau dicetak pada ukuran 4R.
3) Resolusi
Resolusi adalah jumlah pixel pada garis dan kolom yang membentuk gambar. Misalnya resolusi 800 x 600 artinya pada baris horizontal terdapat 800 piksel dan pada kolom vertical terdapat 600 piksel. Resolusi yang digunakan pada monitor antara lain sbb:
a) Video Graphics Array (VGA), mendukung resolusi 640 x 480 dengan jumlah warna 2 dan 16 warna.
b) Super video Graphics Array (SPGA), mendukung resolusi 800 x 600 untuk layar 14”.
c) Extended Graphics Array (XGA), mendukung resolusi 1024 x 768 untuk layar 15”.
d) Super extended Graphics Array (SXGA), mendukung resolusi 1280 x 1024 untuk layar 17”.
e) Ultra extended Graphics Array (UXGA), mendukung resolusi 1600 x 1200 untuk layar 19”.
f) Quantum extended Graphics Array (QXGA), mendukung resolusi 2048 x 1536 untuk layar 21”.


4) Dot pitchDot pitch adalah jarak antara dua titik. Semakin dekat jarak antar titik maka kualitas gambar akan semakin baik. Contoh dot pitch 0,25 mm dan 0,28 mm. dot pitch yang lebih besar dari 0,28 akan menghasilkan gambar yang kurang baik.
1) Refresh rateRefresh rate adalah banyaknya electron yang ditembakkab ke layar dalam setiap detiknya untuk menggambar ulang piksel. Refres rate diukur dalam hertz (Hz) seperti 70 Hz, 72 Hz dls.





a. Speaker
Speaker adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari computer atau alat lain. Speaker akan bekerja menerima sinyal dari computer yang kemudian akan mengeluarkan suara berupa frekuensi audio. Jenis speaker adalah speaker aktif dan speaker pasif. Speaker aktif adalah speaker yang memiliki system ampiflier dengan pengaturan seperti trable, bass, balance dls. Sedangkan speaker pasif adalah speaker yang tidak memiliki sistem amplifier.

b. Printer
Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak teks atau gambar dari computer. Jenis-jenis printer adalah sbb:
1) Printer dot matrik
Printer dot matrik adalah sejenis printer yang menghasilkan titik-titik kecil untuk membentuk karakter. Karakter yang berupa teks atau gambar tercipta dari kumpulan titik-titik kecil dan dalam menciptakan titik-titik menggunakan potongan baja yang akan menumpuk pita bertinta yang kemudian akan mengenai kertas.
2) Printer ink jet
Printer ink jet adalah jensi printer yang bekerja dengan cara menyemprotkan tinta ke kertas. Printer ini menggunakan cartride sebagai penyimpan tinta. Printer ini dapat menciptakan cetakan hitam putih maupun warna.
3) Printer laser
Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan sinar laser untuk membeca data yang dikirim ke printer dan kemudian dicetak di kertas. Teknologi ini sama dengan mesin foto copy yaitu mencetak menggunakan panas dan tekanan untuk mengikat toner kertas. Printer ini mampu mencetak lebih cepat dan memberikan hasil yang lebih baik dari pada printer ink jet.
4) PlotterPlotter adalah sejenis printer yang dirancang secara khusus untuk menghasilkan output berupa gambar atau grafik dengan ukuran yang besar. Plotter menggunakan bebarapa pewarna untuk menghasilkan gambar. Jenis plotter antara lain inkjet plotter yang menggunakan tinta yang disemprotkan untuk menghasilkan gambar.




a. Proyektor
Proyektor adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan tampilan dari computer atau alat lain agar diperoleh gambar yang lebih besar. Jenis-jenis proyektor antara lain proyektor CRT, proyektor LCD, proyektor slide, proyektor film dls.

B. Kesimpulan Hardware adalah peralatan atau komponen sebuah komputer yang berwujud fisik atau dapat dilihat dan dapat dirasakan. Bagian- bagian dari hardware terdiri dari peralatan input, peralatan proses dan peralatan output.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar