Selasa, 17 Maret 2009

sambungan.....

a) Read Only Memory (ROM)
ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca oleh CPU dan bersifat permanent. ROM ini menyimpan sejumlah data dan program yang diperlukan oleh system computer. Program-program inilah yang dosebut basic input output (BIOS). ROM juga merupakan memori utama pada computer.

b) Cache Memory
Cache memory adalah memori pada mainboard yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data sementara agar pemprosesan CPU menjadi lebih cepat. Memori ini mempunyai kecepatan yang tinggi dan dapat mempengaruhi kecepatan pemrosesan pada CPU. Jenis cache memori adalah level 1 (L1), level 2 (L2) dan level 3 (L3). Cache memori mempunyai kapasitas sperti 128 KB, 256 KB, 512 KB, 1 MB, 2 MB dan lain sebagainya.
c) Register
Register adalah daerah memori kecil pada CPU yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi saat pemrosesan.
2) Memori sekunder
Memori sekunder adalah memori yang berfungsi menyimpan data yang sifatnya permanent atau tidak hilang saat computer dimatikan. Memori sekunder dapat dibedakan dalam beberapa jenis yaitu sbb:
a) Hard Disk
Hard disk adalah media penyimpanan data yang menggunakan piringan megnetik. Piringan magnetic adalah piringan yang berisikan partikel logam yang dapat diubah dengan diberi muatan elektromagnetik. Dalam membaca atau menulis data menggunakan head yang menempel di atas piringan. Head inilah yang membawa muatan elektromagnetik. Saat proses penulisan data, head yang berisikan muatan elektromagnetik akan mengubah susunan partikel logam dan membentuk unit data digital (bit) yang dapat dimengerti oleh computer yaitu logika 1 (on) dan logika 0 (off).Jenis hard disk yang banyak dijual antara lain Hard Disk PATA, Hard Disk SATA, Hard Disk SATA 2, Hard Disk SCSI. Hard disk memiliki kapasitas 4 GB, 6,5 GB, 10 GB, 20 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB dan 320 GB. Sedangkan kecepatan membaca dan menulis pada hardisk diukur dengan rotation per minute (rpm) seperti 5400 rpm, 7200 rpm dll. Merek-merek hard disk antar


























a) Floppy Disk
Seperti hard disk, floppy disk juga menggunakan piringan megnetik untuk menyimpan data. Ukuran floppy disk adalah 5 ¼” dan 3 ½” dengan kapasitas yaitu 1,2 MB dan 1,44 MB. Alat ini digunakan untuk membaca dan menulis di floppy drive.
Gambar 7. Floppy Disk
b) USB Flash Disk
USB adalah media penyimpanan data berjenis flash memori, yaitu memori yang dapat menghapus dan menulis secara sekaligus dalam suatu operasi. Flast disk berfungsi seperti hard disk yaitu menyimpan data secara permanen atau tidak hilang saat computer dimatikan. Koneksi yang digunakan adalah USB 1.1 atau USB 2.0. kapasitas flash disk bermacam-macam seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, 526 GB, 1 GB, 2 GB, 4GB dan 8 GB.
c) Compact Disk (CD)
CD adalah piringan optic untuk menyimpan data. Pembacaan dan penulisan data pada piringan menggunakan sinar laser. CD dengan diameter 4,72 “ memiliki kapasitas 650 MB/700 MB sedangkan CD ukuran kecil kapasitas sampai 200 MB. Jenis-jenis CD adalah CD-R dan CD-R. CD-R hanya dapat ditulis sekali dan tidak dapat dihapus, sedangkan CD-RW isinya dapat dihapus dan ditullis kembali sampai berkali-kali (lebih dari 1000 kali). Teknik penulisan dengan cara membakar (burning), yaitu membakar pit-pit kecil pada permukaan disk yang digunakan untuk menyimpan data.
d) Digital Versatile Disk (DVD)
DVD adalah media penyimpanan optic untuk menyimpan data digital seperti data audio dan video. DVD mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar atau sekitar 7 kali kapasitas CD. DVD single side single layer mampu memuat 4,7 GB data digital sedangkan DVD single side double layer mempu memuat 9,4 GB.
Jenis DVD yaitu DVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD+RW dan DVD-. RAM. DVD-R dan DVD+R hanya bias ditulis sekali sedangkan DVD-RW dan DVD+RW dapat ditulis sampai 1000 kali.alat untuk membaca DVD adalah DVD-ROM sedangkan alat untuk membaca dan menulis DVD adalah DVD drive. Kecepatan membaca dan menulis pada DVD RW adalah 16 x 16, 18 x 18 dsb.
e) Blu-ray Disk (BD)
Blu-ray disk adalah media penyimpanan optic yang digunakan untuk menyimpan file-file audio dan video dengan kualitas yang tinggi. Dengan blu-ray kita dapat menyaksikan film dengan tampilan yang mempunyai kualitas yang lebih tinggi dari pada DVD. Blu-ray diambil dari kata blue yang berarti warna biru sebagai warna laser yang digunakan dan ray adalah sinar. Laser biru mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek dari pada laser merah sehingga mampu membaca data yang sangat kecil dan rapat yang tidak mampu dibaca dengan laser mearah. Blu-ray disk mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar atau sekitar lima kali lebih besar dari pada DVD atau 35 kali dari CD. Sekeping blu-ray disk single side single layer dapat menampung data hingga 27 GB, sedangkan untuk single side double layer hingga 54 GB. Alat untuk membaca BLU-ray disk adalah blue ray disk drive.
f) Hight Definition Digital Versatile Disk (HD DVD)
HD DVD adalah DVD yang dapat menyimpan file audio dan video dengan kualitas yang tinggi. Dengan HD DVD kita dapat menyaksikan film dengan kualitas yang setara dengan blu-ray disk. HD DVD mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar dan hamper sama dengan kapasitas blu-ray disk. Sekeping HD DVD single side single layer dapat menampung data hingga 20 GB. Alat untuk membaca HD DVD adalah HD DVD drive.

b. Mainboard
Mainboard atau motherboard adalah papan induk atau papan utama dimana semua komponen computer terpasang seperti chip set, slot, konektor dan lain sebagainya. Jenis motherboard dapat dilihat pada slot/soket processor yaitu tempat dimana prosessor dipasang. Komponen pada motherboard dapat dibagi menjadi komponen internal dan komponen eksternal.Tipe dari motherboard di antaranya adalah tipe AT, ATX dan mikro ATX. Tipe AT banyak digunakan pada computer Pentium, Pentium MMX dan Celeron. Sedangkan tipe ATX digunakan pada Pentium II keatas. Merek dari motherboard antara lain ABIT, MSI, ASUS, DFI, ECS, gigabyte, Albatron, jetway, biostar, enlight, PCCHIPS,, NPC dan lain sebagainya. Sedangkan merek chipset antara lain intel, VIA, SIS, NVidia, ATI dan lain sebagainya.








a. Card
Card adalah perangkat atau komponen tambahan yang dipasangkan pada slot eksternal di mainboard. Card ini digunakan jika pada mainboard tidak mengusung komponen co-board seperti VGA card, sound card, LAN card dll. Card dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:
1) Grafik Card (VGA card)
VGA card digunakan sebagai penghubung antara CPU dengan monitor untuk menampilkan gambar. Komponen ini berfungsi mengubah sinyal digital dari computer menjadi sinyal yang bias ditampilkan sebagai gambar pada monitor. Komponen inilah yang menetukan resolusi dan jumlah warna yang bias ditampilkan pada layar monitor. Jenis VGA card berdasarkan resolusi dan jumlah warna yang dihasilkan antara lain VGA card, SVGA card, XGA card dsb.
VGA card terdiri dari Draphic Processor Unit (GPU), RAM (SDRAM, DDR1/DDR2/DDR3/GDDR2/GDDR3) dan ROM. Sedangkan port untuk VGA card jenis AGP 8x dan PCIE biasanya juga dilengkapi dengan port DVI out (untuk koneksi ke monitor LCD) dan port video out (untuk koneksi dengan perangkat multimedia lainnya).
Fitur VGA card masa kini kebanyakan sudah memasukkan fungsi ekselerasi 3D yang berfungsi untuk mengolah atau memanipulasi grafik 3D yang telah kompleks dan sempurna. Selain itu terdapat fitur pixel shader 2.0/3.0/4.0, mendukung direct X9/X10 dan lain sebagainya.
Jenis-jenis VGA dapat dilihat pada konektor yang akan digunakan yaitu VGA ISA, VGA PCI, VGA AGP dan VGA PCIE.Kapasitas memori VGA antara lain adalah 2MB, 4 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 640 MB, 768 MB dan 1GB. Chip VGA yang terkenal adalah dari ATI dan NVidia. Sedangkan merek-merek VGA antara lain forsa, ASUS, ABIT, albatron, zotac dsb.







1) Sound Card
Sound card atau kartu suara adalah komponen yang digunakan untuk menghasilkan suara. Komponen ini berfungsi merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau mengubah sinyal analog yang diterima dari mikrofon atau alat musik menjadi sinyal digital agar dapat diproes oleh computer yang kemudian akan diubah ke sinyal analog lagi agar dapat didengarkan lewat speaker.Komponen-komponen dalam sound card terdiri dari digital signal processor (DSP) dan DAC. DPS yaitu komponen yang berfungsi menangani pemrosesan atau komputasi yang berhubungan dengan suara. Sedangkan DAC yaitu komponen yang berfungsi mengolah suara yang masuk dan suara yang keluar dari computer. Sedangkan port-port pada sound card biasanya terdiri dari line-in, line-out, mic, game point dan midi port.






1) Local Area Network (LAN card)
LAN adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan antara dua computer atau lebih di dalam satu area tertentu yang tidak begitu luas dan biasanya digunakan di pabrik dan perkantoran. Dengan alat ini, memungkinkan kita untuk bias saling bertukar file, penggunaan program bersama-sama, membuka file computer lain, penggunaan printer bersama-sama dan lain sebagainya.
LAN card mempunyai koneksi kabel seperti LAN card PCI dan LAN card USB dan tanpa kabel (wireless) seperti WLAN card. Teknologi wireless pada WLAN menggunakan gelombang radio sebagai penghantar informasi atau data. Kecepatan akses LAN card adalah 10 Mbps dan untuk fast athernet adalah 100 Mbps.
2) Modulator Demodulator (Modem card)
Modulator demodulator adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital pada computer menjadi sinyal analog dan sebaliknya dengan transmisi melalui kabel atau sinyal telepon. Dengan alat ini kita dapat mengakses internet dengan jaringan telepon.
Macam-macam koneksi internet dan modem card yang digunakan adalah sbb:
Koneksi menggunakan kebel telepon yaitu komponen internal (modem dial up card PCI) dan komponen eksternal (modem dial up USB)
Koneksi tanpa kabel (wireless) yaitu modem GSM USB, modem CDMA USB, modem GSM PCMCA dan modem CDMA PCMCA.
3) Wireless Fidelity (WiFi card)
Wireless fidelity (WiFi) adalah teknologi jaringan tanpa kabel (wireless) yang menggunakan jaringan local atau LAN dan banyak digunakan untuk perangkat mobile seperti notebook yang memungkinkan untuk koneksi internet melalui acces point. Dengan menggunakan wireless card kita dapat koneksi internet didalam area yang dilingkupi acces point atau disebut hotspot. Hotspot banyak digunakan pada kampus, sekolah, perkantoran dsb. Jenis WiFi card antara lain WiFi PCI, WiFi USB, WiFi PCMCIA (untuk laptop). Kecepatan akses WiFi adalah 54 Mbps dan 108 Mbps.
b. Power Supply (PSU)
Power supply adalah alat yang digunakan untuk mensuply atau menyalurkan listrik ke komponen-komponen atau peralatan yang ada di casing. Jenis power supply antara lain XT, AT desktop, AT tower, bsby AT, LPX, ATX dan micro ATX. Untuk saat ini, computer sering menggunakan power supply jenis ATX dan micro ATX.
Daya yang dugunakan pada power suplly antara lain adalah 200 watt, 300 watt, 400 watt dsb. Untuk Pentium IV keatas biasanya menggunakan power supply diatas 300 watt. Merek yang ada dipasaran antara lain mentari, epsilon, blue strom, supreme, simbadda, saga, prolink dan kenika.

Konektor yang terdapat pada power supply adalah sbb:
Konektor ATX 20 pin/24 pin (untuk mainboard)
Konektor IDE 4 pin (untuk harddisk dan CD/DVD drive)Konektor floppy 4 pin (untuk floppy disk drive)





a. CasingCasing adalah alat yang digunakan untuk menempatkan komponen-komponen computer seperti mainboard, harddisk, dsb. Bentuk casing yang banyak digunakan pada saat ini adalah model tower yang terdiri dari full tower, mid tower dan mini tower. Untuk casing full tower banyak digunakan untuk computer server. Merek dari casing antara lain mentari, ersys, camerun dsb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar