Selasa, 17 Maret 2009

Merakit CPU








A. Tujuan Pratekum
Tujuan pratekum adalah sebagai berikut:
1. Mengenal komponen hardware komputer

B. Kajian Pustaka
Hardware adalah peralatan pada computer yang berwujud fisik. Dan terdiri dari tiga bagian yaitu peralatan input, peralatan proses dan dan peralatan output
1. Peralatan Input
Peralatan input adalah suatu alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi yang selanjutnya akan diproses ke dalam computer. Macam-macam alat input antara lain sebagai berikut:
a. Keyboard
Keyboard adalah kumpulan tombol-tombol yang digunakan untuk memasukkan karakter-karakter berupa tulisan, angka, tanda baca dan untuk melakukan instruksi tertentu. Jenis keyboard dapat dilihat dari jenis koneksi yang digunakan yaitu keyboard koneksi pararel, PS/2, USB dan tanpa kabel. Untuk koneksi wireless sebagai pengganti kabel untuk menstransfer data menggunakan gelombang infra merah, Bluetooth atau gelombang radio.














a. Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk menggerakkan pointer pada layer untuk memilih objek, icon, menampilkan menu dan memberi perintah-perintah tertentu. Pada umumnya mouse memiliki dua tombol yaitu kiri dan kanan dan roda tengah (scrool) sebagai penggulung atau fungsi tertentu.






a. Touch Screen
Touch screen adalah layer monitor yang menggunakan sensor untuk mendeteksi sentuhan jari, sehingga jari kita bertindak sebagai pointer mouse pada layer untuk memilih objek/icon dan memberikan perintah-perintah.
b. Touch Pad
Touch pad adalah papan atau bantalan yang peka atau sensitive terhadap sentuhan. Touch pad digunakan pada laptop sebagai pengganti mouse. Cara penggunaannya yaitu dengan cara menyentuh dan menggerakkan jari pada papan.
c. Pena Elektronik
Pena elektronik adalah peralatan input yang penggunaannya dilakukan dengan cara menyentuhkan ujung pena pada layer untuk memilih perintah, menulis atau untuk membuat gambar. Pena ini banyak digunakan pada computer handheld, PDA dan smartphone.
d. Joystick
Joystick merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengontrol permainan dan memberi perintah tertentu pada program permainan atau game.
e. Mikrofon
Microfon adalah peralatan untuk menangkap suara dan menginput atau memasukkannya kedalam computer. Dalam input suara microphone terhubung dengan sound card pada computer untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital agar dapat dip roses oleh computer yang kemudian akan berubah ke sinyal analog lagi agar dapat didengarkan memlalui speaker.
f. ScannerScanner adalah peralatan untuk membaca gambar dan mentransfernya ke dalam computer. Peralatan ini menggunakan optical data reader yang membaca data baris perbaris yang kemudian diubah ke data digital untuk ditransfer ke computer.



a. Optical Mark Reader (OMR)
OMR merupakan sejenis scanner. Alat ini dapat mengenali tanda tau tulisan dari pensil 2B. alat ini digunakan untuk memeriksa tes ujian yang pengisiannya menggunakan pensil 2B.
b. Barcade Scanner
Barcare scanner adalah alat untuk membaca kode barang yang bentuknya garis tegak. Alat ini banyak digunakan di pasar swalayan dan toko-toko yang barangnya menggunakan label garis tegak.
c. Kamera Digital
Kamera digital adalah peralatan untuk merekam gambar secara digital. Dalam merekam gambar yaitu dengan menggunakan sensor yang selanjutnya akan diubah dalam bentuk data digital. Data-data gambar ini kemudian ditransfer ke computer untuk dilihat, diedit atau dicetak. Kamera digital umumnya menggunakan layer LCD untuk melihat dan mengatur hasil bidikan.
d. Digital Video Camera (DIVICAM)
Divicam adalah peralatan untuk merekam gambar bergerak secara digital. Alat ini memiliki pixel, optimal zoom, digital zoom dan kemampuan untuk memainkan MP3, MP4, voice recording dan memiliki SD/MMCslot untuk menambahkan memori dengan resolusi 5 MP,7 MP, 10 MP, 12 MP dan seterusnya. Data gambar atau video dapat ditransfer ke computer untuk dilihat dan diedit ke dalam computer.
e. Web Camera
Web camera adalah kamera yang bersifat real time yang digunakan dalam jaringan dan gambar yang dihasilkan dapat diakses atau dilihat melalui kord wide web (WWW), program install messeging atau video call. Alat ini memiliki resolusi 352 x 288 pixel, 640 x 480 pixel dsb.
f. TV/FM tuner
TV/FM tuner adalah alat yang memungkinkan kita untuk melihat acara TV atau siaran radio FM melalui computer. Selain itu, alat ini juga dapat merekam siaran TV atau radio FM yang disimpan didalam memori haeddisk. TV tuner memiliki beberapa jenis yaitu internal dan eksternal. Untuk TV tunner internal biasanya menggunakan koneksi PCI yang ditancapkan pada slot PCI didalam mainboard, sedangkan TV tunner eksternal menggunakan koneksi USB.

2. Peralatan Proses
Peralatan proses merupakan alat yang digunakan untuk memproses suatu data yang telah dimasukkan oleh alat input. Peralatan proses dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut:
a. Central Processing Unit (CPU)
CPU atau prosessor adalah komponen yang berfungsi untuk mengolah data menjadi informasi dan berfungsi sebagai pusat pengendali atau pengatur kompnen-komponen computer untuk dapat bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. Prosessor adalah chip yang terdiri dari ribuan atau jutaan transistor-transistor yang akan melakukan pemrosesan data.
Secara sederhana tahapan dalam pemrosesan data pada computer yaitu saat kita melakukan input data, maka input device akan menkonversi data atau instruksi ke dalam kode-kode yang dapat dimengerti oleh computer yaitu dengan menggunakan kode bit nilainya 1 atau 0. selanjutnya data-data berbentuk bit ini dikirim ke memori (1 bit artinya 1 unit data dan 8 bit akan membentuk 1 byte, 1 byte adalah jumlah memori untuk menyimpan 1 karakter). Memori akan menyimpan instruksi dan data, selanjutnya CPU akan mengambil data atau instruksi dari memori, kemudian CPU akan melakukan pengolahan data dan instruksi. Dalam pengolahan data, bagian-bagian CPU yang berperan adalah control unit (CU) dan arithmetic logical unit (ALU). CU bertugas mengatur aliran data ke CPU mapun aliran data keperalatan lain. Sedangkan ALU bertugas melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika.
Pada CPU dikenal istilah clock speed yaitu kecepatan waktu atau frekuensi kerja dari CPU yang diukur dalam Mega Hertz (MHz) atau Giga Hertz (GHz). 1 hertz sama dengan satu siklus per detik. Jika computer memiliki kecepatan 3 GHz artinya CPU dapat menyelesaikan 3 milyar siklus dalam tiap detik.Pada saat ini prosessor yang sering dipakai adalah buatan intel (intel 8081, intel Pentium I, II, III ,IV, Pentium centrino, Pentium dual core, Pentium core 2 duo dsb), AMD (AMD K5, AMD duron, AMD athlon 64 FX dsb), VIA, transMeta, IBM dan IDT.





a. Memori (storage)
Memori adalah alat untuk menyimpan data dan program. Memori meliputi memori primer dan memori sekunder.
1) Memori Primer
Memori primer adalah memori yang bekerja secara bersama-sama dengan CPU atau berhubungan langsung dengan CPU. Memori primer dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a) Random Access Memory (RAM)
RAM adalah pengaksesan data-data yang dilakukan secara random (tidak berurutan). RAM digunakan untuk menyimpan data-data dan instruksi yang dapat dibaca dan ditulis oleh CPU dan bersifat sementara. RAM akan menyimpan instruksi dan data sebelum dan sesudah diproses oleh CPU. RAM merupakan memori utama pada computer. Jenis-jenis RAM antara lain sebagai berikut:
i. Fast page mode (FPM)
ii. Extended data output RAM (EDORAM)
iii. Synchronous dynamic RAM (SDRAM), ukuran antara lain SDRAM PC66, SDRAM PC100, SDRAM PC133.
iv. Rambus dynamic RAM (RDRAM), ukuran antara lain RDRAM PC 600, RDRAM PC 700, RDRAM PC800, RDRAM PC 1066.
v. Double date rate SDRAM (DDR), ukurannya antara lain DDR SDRAM PC800, SDRAM PC 1066, SDRAM PC 1300 dsb.
vi. DDR 2 SDRAM, ukurannya antara lain DDR 2 SDRAM PC3200, DDR 2 SDRAM PC4300, DDR 2 SDRAM PC5300 dsb.
vii. DDR 3 SDRAM, ukurannya antara lain DDR 3 SDRAM PC8500 dan DDR 3 SDRAM PC10600.
Sebagai contoh DDR 2 PC3200/DDR400, berarti bandwitch 3200 MB/detik atau frekuensi 400 MHz. Kapaistas RAM antara lain sbb:
SDRAM, 32 MB, 64 MB, 128 MB, dan 256 MB
DDR, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan 256 MB
DDR 2, 512 MB, 256 MB, 1 GB, 2 GB dan 4 GB
DDR 3, 1 GB, 2 GBMerek RAM yang ada dipasaran antara lain visipro, corsair, apacer, adata, Kingston, V-Gen, NCPRO, maestro, twinmos, spectec dan patriot.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar